RECITAL FILM SCORING SJUMAN SCHOOL OF MUSIC BEKERJASAMA DENGAN EUROPE ON SCREEN 2016

webb3POSTER-RECITAL-FILM-SCORING

 

Georges Méliès (1861-1938) yang bernama asli: Marie Georges Jean Méliès adalah seorang pembuat film dan ilusionis berkebangsaan Perancis. Ia juga merupakan seorang pesulap sukses yang mempunyai sebuah teater yang dibangun oleh pesulap terkenal Robert-Houdin. Setelah melihat film pertamanya, pada tahun 1895, Méliès membeli kamera perekam pertamanya dan mulai membuat film. Ia mempelajari teknologi perfilman, ia juga memperoleh proyektor, mesin cetak, dan perlengkapan lain yg dibuat khusus memenuhi keinginannya. Méliès kemudian memulai menggunakan kameranya untuk mendokumentasikan pentas pertunjukan pada teater Robert-Houdin. Pada akhir tahun 1896, Méliès mulai mengkombinasikan pengetahuannya mengenai seni sulap dengan pembuatan film. Méliès juga menghasilkan sebuah film dengan nuansa ilusi, yang menampilkan pemeran yang muncul dan kemudian menghilang. Ia juga menghasilkan film dengan nuansa sebuah objek yang berubah wujud menjadi objek lainnya.

Méliès, adalah seorang inovator produktif dalam penggunaan efek khusus , tanpa sengaja menemukan sebuah trik editing pada tahun 1896 Méliès jg merupakan pembuat film pertama yg menggunakan beberapa eksposurselang waktu fotografi, dan pewarnaan dgn tangan dalam karyanya. Karena kemampuannya untuk memanipulasi dan mengubah realitas melalui sinematografi, Ia kadang-kadang disebut sebagai “Cinemagician” pertama. Seperti kebanyakan film pada jamannya, film buatan Méliès berdurasi cukup pendek, hanya beberapa menit. Filmnya yang paling terkenal, “Le Voyage dans la Lune” (Perjalanan ke Bulan), berdurasi paling panjang, yaitu sekitar 20 menit. Film tersebut juga ditetapkan sebagai film paling kompleks yang pernah Méliès buat. Film tersebut dibuat bedasarkan sebuah novel yang berjudul “From the Earth to the Moon“, karya Jules Verne.

Recital Film Scoring Sjuman School Of Music bekerjasama dengan Europe On Screen menginterpretasi musik baru untuk film-film bisu karya Georges Méliès

diselenggarakan pada tanggal 7 – 8 Mei 2016 di Erasmus Huis, Pukul 12.00 WIB. Gratis…

Info: Nisa 0812 8802 9315 , Email: admin@sjumanschoolofmusic.com

Kunjungi: http://europeonscreen.org/films/georges-melies-program/

Yang akan ikut membuat musik selain murid juga ada alumni film scoring program Juga loh guys.

Murid yang terlibat: Stefanus Liga, Hariopati Rinanto, Steven Raintung, Yohanes Mbasa, Fernado Sutarli, Rama Anugrah Nigara.

Alumni yang terlibat: Areza Riandra, Nanin Wardhani

Feat.

Trinity Youth Orchestra

Konduktor oleh: Nathania Karina

ini adalah yang kedua kalinya Sjuman School Of Music  bekerja sama dengan Film Festival di Erasmus, tahun lalu murid-murid Film Scoring menginterpretasi musik untuk film bisu dokumenter brjudul Mahamoelia. Film bisu dokumenter berjudul Mahamoelia, bercerita tentang ekspedisi perjalanan dari Kalimantan sampai ke Sumatra Utara. Proyek Film Mahamoelia tahun lalu maupun Film karya Georges Méliès yang akan datang Sjuman School Of Music juga akan bekerjasama dengan Trinity Youth Symphony Orchestra. Trinity Youth Symphony Orchestra memainkan musik dari para composernya. sebuah orkestra remaja non-profit dengan konduktor oleh Nathania Karina.

× Chat with us